Mencari Nilai Mean, Median dan Modus Dalam Data Kelompok

By | October 8, 2018

Assalamualaikum

Kembali berjumpa dengan saya, setelah beberapa hari dilanda kesibukan sehingga belum sempat update blog ini kembali. Akhirnya hari ini saya akan coba update kembali. Dan tentunya berkaitan dengan tugas kuliah saya.

Kali ini saya ingin posting mengenai cara mencari nilai mean, median dan modus dalam data kelompok. Apa itu mean? apa itu median? apa itu modus?

Tentunya hal ini sering kita temui di kehidupan kita sehari-hari.

  1. Mean
    Mean merupakan nilai rata-rata dari beberapa buah data. Nilai mean dapat ditentukan dengan cara membagi jumlah data dengan banyaknya data.
    Untuk mendapatkan nilai dari Mean maka anda harus mencari tahu nilai tengah dan nilai hasil kali nilai tengah dengan frekuensi.

    F1x1 adalah jumlah hasil dari nilai tengah di kali dengan frekuensi.
    F1 adalah jumlah frekuensi.
  2. Median
    Modus merupakan nilai yang paling sering muncul. Apabila ada data data frekuensi, jumlah dari suatu nilai dari kumpulan data, maka bisa memakai modus.
    Untuk bisa melihat hasil akhir dari modus maka kita harus menentukan kelas pada tabel dengan memilih frekuensi yang paling banyak. Lihat detail rumusnya dibawah ini.
  3. Modus
    Median adalah cara untuk menentukan letak tengah data setelah data disusun menurut urutan nilainya. Simbol untuk median ini yaitu Me.
    Median adalah nilai data tengah, dalam data kelompok memiliki rumus yang sama dengan mencari Q2 ( Kuartil 2 ) seperti misalnya bisa anda lihat dibawah ini :

Mungkin cukup sekian dahulu, untuk contoh soal nya akan diposting di artikel terpisah yaa, ditunggu gaess

Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.